Kamis, 31 Oktober 2013

Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan


Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan

      Perusahaan

tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Kegiatan produksi yang dilakukan secara terorganisir dengan menggunakan faktor-faktor produksi umumnya dilakukan oleh perusahaan. Dengan demikian perusahaan diartikan sebagai bagian teknis dari kesatuan organisasi modal dan tenaga kerja yang bertujuan menghasilkan barang-barang atau jasa. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

**      Letak perusahaan :

·             Tempat kediaman perusahaan merupakan tempat dimana suatu perusahaan melaksanakan kegiatan sehari-hari.

·             Tempat kedudukan perusahaan adalah tempat kantor pusat perusahaan.

·            Jika terjadi kesalahan memilih lokasi perusahaan maka menyebabkan kerugian bagi perusahaan yaitu perusahaan harus pindah lokasi dan kesulitan ekspansi. Sehingga dalam menentukan lokasi harus dengan serius dan tidak boleh coba-coba.

*      Jenis Letak perusahaan :

·         Letak perusahaan yang terikat pada alam.

Contoh : pertanian, pertambangan, perikanan

·         Letak perusahaan berdasarkan sejarah

Contoh : kerajinan batik di pekalongan,solo,jogja. Kerajinan furniture di pekalongan.

·         Letak perusahaan yang ditetapkan pemerintah

Ccontoh : pabrik senjata,pabrik obat.

·         Letak perusahaan yang dipengaruhi faktor-faktor ekonomi

Contoh : Dekat bahan baku, Dekat pasar, Dekat pemasok tenaga kerja (TK), Dekat sumber tenaga/energi ,Iklim, Besarnya suplai modal, Ongkos transport.

 

Contoh Perusahaan

*  PT. Pertamina

PT. Pertamina merupakan salah satu contoh dari perusahaan milik Negara ( BUMN ). Pertamina merupakan badan usaha yang mengeksplor hasil alam ( pertambangan ) yaitu minyak. Pertamina Geothermal Energy (PGE), anak perusahaan PT Pertamina (Persero), berdiri sejak tahun 2006 telah diamanatkan oleh pemerintah untuk mengembangkan 15 Wilayah Kerja Pengusahaan Geothermal di Indonesia. Perusahaan yang menyediakan energy tanpa polusi ini, 90% sahamnya dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) dan 10% dimiliiki oleh PT Pertamina Dana Ventura. Kegiatan Pertamina dalam menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia, terbagi ke dalam sektor Hulu dan Hilir, serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan.

Wilayah Kerja Perusahaan PT. Pertamina salah satunya ada di daerah sibayak,

Area Sibayak terletak di Kabupaten Brastagi Sumatera Utara. Kapasitas PLTP terpasang saat ini total sebesar 12 MW yang terdiri dari 1 Unit Monboblok 2 MW serta 2 Unit PLTP 2x5MW yang merupakan ESC (Energy Sales Contract) dengan PT PLN, sedangkan 10 MW merupakan SSC (Steam Sales Contract) dengan PT Dizamatra Powerindo. Peresmian proyek ini dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 11 Desember 2007 bersamaan dengan peresmian PLTP Kamojang Unit 4 dan Lahendong Unit 2.

B. Kerinci
Proyek Sungai Penuh terletak di Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci - Jambi berada sekitar 45 km arah selatan Kota Sungai Penuh. Proyek ini diperkirakan menyimpan potensi panasbumi sebesar 80 MW. Saat ini masih dalam proses penyelesaian studi AMDAL, PT Pertamina Geothermal Energy menargetkan satu unit PLTP 55 MW yang siap dioperasikan secara komersial tahun 2012.

PT. Pertamina memilih lokasi didaerah sibayak dan kerinci merupakan lokasi yang terikat dengan alam karena kebutuhan perusahaan tersebut yang tergantung oleh alam. Sehingga PT. Pertamina memilih lingkungan yang tepat dan sudah terpikirkan secara matang sehingga perusahaan tersebut dapat mengambil sumber bahan baku dengan mudah.

Sumber :

https://sites.google.com/site/budisn3/pengantar-bisnis/letak-perusahaan

http://id.wikipedia.org/wiki/Pertamina

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar