Minggu, 20 Oktober 2013

LINUX


PKTI 1B
Jenis Sistem Operasi

Sistem operasi memiliki banyak jenis dan setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kali ini saya akan membahas mengenai LINUX.


*    Pengertian LINUX
Merupakan nama yang diberikan untuk system operasi computer bertipe Unix. Linux merupakan hasil pengembangan software bebas dan terbuka. Oleh karena itu kode sumber linux dapat dimodofikasi ataupun dikembangan dan digunakan secara bebas oleh siapa saja.
Linux telah lama dikenal oleh usernya di server, dan didukung oleh beberapa perusahaan ternama komputer seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux dapat bekerja pada berbagai macam hardware computer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router.

*    Sejarah
·            Nama Linux berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistem device dan pustakanya berasal dari sistem operasi GNU, yang diperkenalkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
·            Logo Linux (Tux) dimulai saat Linus Torvalds sedang berjalan – jalan di taman perth, pada saat itu Linus Torvalds dipatok oleh seekor penguin dan demam selama baerhari-hari. Lalu ia berfikir karakter penguin cocok untuk menjadi logo system operasi barunya, maka diadakan lomba mendesain logo penguin yang baru dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang mendesain seekor penguin sedang duduk.
·            Pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus Torvalds mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Saat ini Linux merupakan sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME).
Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat karena Linux dikembangkan oleh banyak kelompok orang. Sehingga terdapat Keragaman tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Kelompok ini berkomunikasi dengan internet agar cepat dan efisien.

*    Kelebihan LINUX
o       Bersifat open source
o       Linux tidak bergantung kepada vendor independence
o       Biaya operasional rendah
o       Kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi Unix
o       Keamanan dan kestabilan yang tinggi sehingga jarang nge-hang dan apabila terkena virus,virus tersebut sulit untuk menyebar.
o       Distro Linux sudah termasuk software pendukung yaitu :

*    Kekurangan LINUX
o       User masih belum terbiasa dengan tampilan Linux
o       Proses instalasi yang rumit tidak semudah windows
o       Tidak dapat dukungan hardware yang baik dari vendor-vendor tertentu.
o       Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.

*    Distribusi Linux


§         Ubuntu dan derivatifnya : Sabily (Ubuntu Muslim Edition), Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu, Gnewsense, ubuntuCE
§         OpenSUSE
§         Fedora
§         BackTrack
§         Mandriva
§         Slackware
§         Debian
§         PCLinuxOS
§         Knoppix
§         Xandros
§         Sabayon
§         CentOS
§         Red Hat
§         ClearOS
§         Chromeos
§         Gentoo Linux



Dari banyaknya distribusi Linux di atas saya akan menjelasakan mengenai Knoppix
v     Knoppix merupakan distro Linux dalam bentuk live-cd, tidak perlu di install ke dalam harddisk cukup dijalankan dengan CD-ROOM dan dapat dipakai sebagai CD rescue. Knoppix berbasis Debian Linux, diciptakan oleh Klaus Knopper. Jenis kernel Monolithic linux kernel. Banyak ragam aplikasi yang dimiliki knoppix yang cukup lengkap dan dapat digunakan sebagai sarana belajar linux bagi yang belum mempunyai ruang pada harddisk.
Versi knoppix berawal dari april 2008 versi 4 samapi 5.1.1, diedarkan dalam edisi bentuk DVD “maxi” (memori 9GB), dan edisi CD ”light” diedarkan secara bersamaan.
Tampilan knoppix


v     Aplikasi didalam linux Knoppix


  • office seperti word processing, spread sheet dan presentations(Openoffice)
  • KOffice Software ini merupakan satu paket dengan GUI KDE
  • XMMS untuk mendengarkan mp3
  • Xine Media Player untuk menonton film dari DVD/VCD
  • Kpaint dan Gimp untuk menggambar
  • mozilla dan conqueror aplikasi ubtuk mengakses internet
  • Ximian Evolution untuk fasilitas email client.


v     Kelebihannya yaitu tidak memerlukan perangkat keras yang mahal, bersifat open source(bebas dan terbuka), dapat memuat banyak proses secara bersamaan, dapat digunakan secara bersamaan dalam satu program maupun dari satu mesin dengan terminal yang sama ataupun berbeda(multitasking), tidak perlu di install ke hardisk.

v      Kelemahannya memerlukan memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya(96MB) walaupun bisa juga dijalankan dengan memori 64MB pada swap harddisk. Pengguna baru memerlukan edukasi, pelatihan, pengenalan agar terbiasa dengan penggunaan linux knoppix.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar