Minggu, 10 November 2013

DESKTOP PUBLISHING


A.   Pengertian Desktop publishing

Desktop publishing ( DTP ) adalah pembuatan dokumen menggunakan keterampilan tata letak halaman, desain, dan tipografi dengan menggabungkan teks dan grafis untuk menghasilkan dokumen seperti newsletter, brosur, buku, spanduk, banner, kadang-kadang digunakan untuk membuat grafis untuk menampilkan titik penjualan , barang-barang promosi , pameran pameran dagang , desain paket ritel dan tanda-tanda luar ruangan, dan publikasi lain yang pernah dibuat secara manual dengan menggunakan berbagai teknik non komputer bersama dengan mesin besar yang kompleks. Perangkat lunak desktop publishing dapat menghasilkan layout dengan kualitas teks tipografi dan gambar yang sebanding dengan tipografi tradisional dalam pencetakan. Dalam membuat desktop publishing membutuhkan profesional dengan pengetahuan dan keterampilan dalam metode penerbitan tradisional dan kontemporer .

B.     Sejarah

Desktop publishing dimulai pada tahun 1983 dengan program yang dikembangkan oleh James Bessen di sebuah surat kabar komunitas di Philadelphia. Program Jenis Processor One dapat dijalankan pada PC menggunakan kartu grafis untuk tampilan WYSIWYG dan diperkenalkan secara komersial tahun 1984. pasar DTP meledak pada tahun 1985 pada bulan Januari, dan pada saat itu yang diperkenalkan adalah printer LaserWriter Apple, kemudian pada bulan Juli pengenalan perangkat lunak PageMaker dari Aldus yang dengan cepat menjadi standar industri perangkat lunak DTP .
1)      1984 - The Apple Macintosh debut.
2)      1984 - Hewlett-Packard memperkenalkan LaserJet, printer laser desktop yang pertama.
3)      1985 - memperkenalkan Adobe PostScript, industri standar Page Deskripsi Language (PDL) untuk typesetting profesional.
4)      1985 - Aldus PageMaker mengembangkan untuk Mac, penerbitan "pertama desktop" aplikasi.
5)      1985 - Apple menghasilkan LaserWriter, printer laser desktop yang pertama mengandung PostScript.
6)      1987 - PageMaker untuk platform Windows diperkenalkan.
7)      1990 - kapal Microsoft Windows 3.0.

Istilah " desktop publishing ", nama tersebut diberikan oleh Aldus sebagai pendiri perusahaan Paul Brainerd , istilah tersebut digunakan agar bisa menempati kedudukan dipasaran dengan menggambarkan keterjangkauan harga dan tidak ribet dengan ukuran yang kecil. Produk ini berbeda denagn peralatan phototypesetting komersial yang mahal.
Pada awalnya desktop publishing masih belum modern, masih menggunakan sistem 512K PageMaker - LaserWriter – Macintosh dan sering mengaalami crash perangkat lunak, tampilan 512 x 342 1 - bit layar monokrom dengan Mac , ketidakmampuan untuk mengontrol huruf spasi, adanya perbedaan antara tampilan layer dan output saat dicetak. Namun revolusioner pada waktu itu sudah dapat diterima dengan baik dan mendapat pujian.


Adobe Systems menetapkan dasar untuk aplikasi desktop publishing profesional. LaserWriter yang ditambahkan pada printer menjadikan kualitas tinggi , scalable Adobe PostScript - font dibangun ke memori ROM. Kemampuan PostScript LaserWriter yang memungkinkan para desainer mempublikasikan file dengan bukti mencetak file dengan printer lokal di DTP biro jasa menggunakan resolusi optik 600 + ppi PostScript - printer seperti dari Linotronic . Kemudian, Macintosh II dirilis yang jauh lebih cocok untuk desktop publishing karena upgrade-nya lebih besar, dukungan warna multi-monitor, dan penggunaan interface serta penyimpanan SCSI yang lebih cepat, kapasitas hard drive yang terpasang ke sistem . Pada tahun 1986, GEM Ventura Publisher diperkenalkan untuk komputer MS - DOS . Sementara itu PageMaker karton metafora digunakan untuk proses pembuatan layout secara manual, Ventura Publisher digunakan untuk menentukan tata letak melalui penggunaan tag / style sheet. Desktop publishing pindah ke pasar dalam negeri pada tahun 1986 dengan PT Profesional untuk Amiga , Penerbitan Mitra ( sekarang PageStream ) untuk Atari ST , GST Timeworks Penerbit pada PC dan Atari ST dan Calamus untuk TT030 Atari . Bahkan untuk komputer 8-bit seperti Apple II dan Commodore 64 software diterbitkan : Rumah Penerbit , The Newsroom dan geoPublish .

Selama tahun-tahun awal , desktop publishing memperoleh reputasi buruk akibat dari pengguna yang tidak terlatih yang menciptakan suatu karya tidak terorganisir dengan tebusan catatan layout efek - kritik yang sama akan dikenakan lagi melawan penerbit Web awal dekade kemudian . Namun, beberapa orang mampu mewujudkan hasil yang benar-benar profesional.
Setelah dianggap keterampilan primer, peningkatan aksesibilitas untuk lebih user-friendly perangkat lunak DTP telah membuat DTP keterampilan sekunder untuk arah seni , desain grafis , pengembangan multimedia , komunikasi pemasaran , karir administrasi dan keaksaraan SMA maju dalam ekonomi berkembang . DTP tingkat keterampilan berkisar dari apa yang dapat dipelajari dalam beberapa jam ( misalnya belajar bagaimana untuk menempatkan clip art dalam pengolah kata ) untuk apa yang memerlukan pendidikan tinggi dan pengalaman bertahun-tahun ( misalnya posisi biro iklan ) . Disiplin DTP berbagai keterampilan dari keterampilan teknis seperti produksi prepress dan pemrograman untuk keterampilan kreatif seperti desain komunikasi dan pembangunan citra grafis.

C. Terminologi

Ada dua jenis halaman di desktop publishing , halaman elektronik dan halaman kertas virtual yang akan dicetak pada halaman kertas fisik. Semua dokumen terkomputerisasi secara teknis elektronik, yang terbatas dalam ukuran hanya dengan memori komputer atau ruang penyimpanan data komputer .
ukuran kertas fisik standar internasional seperti " A4 " ,"surat " ,dll. Beberapa program desktop publishing memungkinkan ukuran kustom yang ditujukan untuk pencetakan format besar digunakan dalam poster, billboard dan menampilkan pameran dagang. Sebuah halaman virtual untuk mencetak memiliki ukuran predesignated bahan cetak virtual dan dapat dilihat pada monitor dalam format WYSIWYG. Setiap halaman untuk pencetakan memiliki ukuran trim ( pinggir kertas ) dan area cetak.

Sebuah halaman web adalah contoh dari halaman elektronik yang tidak dibatasi oleh parameter kertas virtual.


Master halaman adalah template yang digunakan untuk menyalin atau link elemen dan gaya desain grafis untuk beberapa atau semua halaman dokumen multipage . Elemen terkait dapat dimodifikasi tanpa harus mengubah setiap contoh elemen pada halaman yang menggunakan elemen yang sama . Cascading Style Sheets dapat menyediakan fungsi format global yang sama untuk halaman web yang menyediakan master halaman untuk halaman kertas virtual.
Tata letak halaman adalah proses dimana unsur-unsur yang diletakkan pada halaman tertib , estetis , dan tepat . Jenis utama komponen yang akan diletakkan pada halaman termasuk teks, gambar terkait yang hanya dapat dimodifikasi sebagai sumber eksternal, dan gambar yang dapat dimodifikasi dengan aplikasi perangkat lunak tata letak. Beberapa gambar ada di perangkat lunak aplikasi , sementara yang lain dapat ditempatkan dari sumber file gambar eksternal. Teks dapat disesuaikan kedalam tata letak, ditempatkan, atau ( dengan aplikasi penerbitan basis data ) terkait dengan sumber eksternal teks yang memungkinkan beberapa editor untuk mengembangkan dokumen pada waktu yang sama . Gaya desain grafis seperti warna , transparansi , dan filter , juga dapat diterapkan pada elemen tata letak . Tipografi gaya dapat diterapkan ke teks secara otomatis dengan style sheet . Beberapa program tata letak termasuk style sheet untuk gambar di samping teks . Gaya grafis untuk gambar mungkin bentuk perbatasan , warna , transparansi , filter , dan parameter menunjuk cara teks mengalir di sekitar objek yang disebut " sampul ".

D.  Aplikasi Deksktop publishing (DTP)

Berikut daftar perangkat lunak desktop publishing :
  • Adobe FrameMaker
  • Adobe InDesign
  • Adobe Pagemaker
  • Adobe HomePublisher
  • Aldus Personal Pers
  • Apel Pages 4.x
  • Corel Ventura
  • Fatpaint (aplikasi berbasis web)
  • iStudio
  • Microsoft Office Publisher
  • LibreOffice/OpenOffice
  • PageStream
  • PTC Arbortext
  • QuarkXPress
  • Ready, Set, Go
  • Scribus
  • Serif PagePlus
  • Xara Photo & Graphic Designer

E.  Program Desktop Publishing

·         Personal Publisher
Dari semua yang paling murah dari program Desktop Publishing adalah Personal Publisher dari Klick Art.

·         Harvard Professional Publisher
Harvard Professional Publisher (HPP) adalah produk kelas menengah dari software Publishing.” Yonior Product”-nya ialah Personal Publisher dan “senior Product”-nya ialah Superpage II. Superpage II  dan HPP dikembangkan oleh Bestito dan mempunyai bagian potongan data. Perbedaanya dengan Ventura Publisher dan PageMaker ialah sistim pelayanannya mempergunakan pelayanan permukaan, yang dikendalikan oleh menu HPP.

·         Super Page 2
Super Page adalah program dalam membuat naskah/teks. Program ini dapat digunakan untuk membuat majalah. Program ini lebih lengkap dibandingkan dengan Harvard Professional Publisher. Perbedaan yang menjolok di antara 2 program tersebut adalah pada pengendalian output/keluaran.

·         Scientex-Publisher
Scientex-Publisher merupakan pengembangan dari program Scientex. Program ini dikendalikan dengan tombol-tombol fungsi. Arti dari tombol fungsi dapat dibaca pada bagian layar. Program ini dapat langsung dikumpulkan dengan scanner. Gambar-gambar dapat diambil alih ke halaman.

·         First Impression
First Impression, yang dikembangkan olehMegaus Coporation, dititikberatkan pada pembuatan teks dan penampilan halaman pada dokumen laser. Program ini menyediakan modul teks. Modul teks ini dapat menawarkan Open Acsess II dan dapat menagani dokumen denagn jumlah yang cukup besar. Jumlah halaman dapat mencapai 32.000. Dengan demikian salah satu masalah pada program Desktop Publishing sudah terselesaikan.

F. Daftar Periksa untuk Desktop Publishing
  • Sistem komputer
Diperlukan sebuah IBM PC-AT atau sebuah komputer kompatibel dengan 20 (dua puluh) atau lebih baik lagi dengan 40 (empat puluh) MegaByte hard disk. komputer jenis 80386 yang bisa berkerja dengan cepat.
  • Sistem software
  • Layar Monitor
Untuk memakai secara profesional dibutuhkan monitor satu halaman penuh dilengkapi dengan banyak alat kontrol untuk mengawasi setiap elemen gambar dan halaman layout.
  • Hasil produksi
Sangat dibutuhkan sebuah laser printer. Dari segi kualitas, jika digunakan pada dokumen Desktop Publishing, maka peragaan dengan 300 x 300 titik gambar setiap inci merupakan syarat mutlak. Ada (tiga) alat yang harus diikutsertakan, pertama adalah sebuah Apple LaserWriter, yang bekerja dengan PostScript dan sistem compatible Kedua ialah Hewlett Packard Laserjet dalam versi baru yang bekerja dengan Document Descriptive Language dan ketiga ialah Xerox Las yang melayani bahasa grafik interpress.

G. Pengguna Desktop Publishing

  • Rumah Freelance
  • Desainer grafis
Menggunakan perangkat lunak penerbitan desktop (paling sering program high-end seperti Adobe PageMaker atau QuarkXPress) untuk merancang dokumen klien.
  • pemilik usaha kecil
Menggunakan komputer dan perangkat lunak penerbitan desktop untuk merancang dokumen untuk klien.
  • guru dan siswa
  • konsumen individu
Menggunakan low-end untuk perangkat lunak penerbitan desktop menengah dan mencetak dokumen langsung ke printer desktop mereka.
  • Sekretaris, asisten administrasi, atau kantor orang pendukung lainnya yang menggunakan perangkat lunak pengolah kata atau publikasi desktop untuk merancang dokumen untuk majikan - di samping normal mereka, tugas non-design.
H. Membuat Kartu Nama Pada Ms. Publisher

Buka microsft publisher, saat sudah terbuka pilih “business card”

setelah memilih icon business card pada gambar di atas , maka akan keluar tampilan design kartu seperti gambar dibawah ini

dan pilih design yang kalian suka .
setelah memilih design kartu nama lalu memilih jenis huruf dan warnanya di dalam kolom costumize seperti gambar di bawah ini    

pilih lah jenis huruf dan warna pada kartu nama sesuai keinginan .
setelah selesai memilih jenis huruf dan warna klik tombol create seperti gambar dibawah ini

tampilan kartu nama setelah klik create

setelah gambar di atas muncul ketik identitas kartu nama dengan jelas seperti gambar di atas .

Sumber :

4 komentar:

  1. Terimakasih kami diebrikan wawasan ilmu dalam tampilan desktop publishing, mudah-mudahan diberikan kesehatan, diberikan ilmu yang bermanfaat dan dapat disairkan lagi kepada orang lain dan diberkahi dalam kehidupannya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya mudah-mudahan diberikan kesehatan, diberikan wawasan ilmu yang lebih bermanfaat untuk disampaikan kepada orang lain dan diberikan keberkahan hidup oleh Allah SWT.

    BalasHapus
  3. Nice... Izin sedot gan buat tugas persentasi... thanks you..

    BalasHapus