Kamis, 14 November 2013

LOTUS WORD PRO

Lotus Word Pro merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang dilkeluarkan oleh IBM(International Business Machines). Lotus SmartSuite adalah sebutan untuk Lotus Word Pro yang dikeluarkan Lotus bersama aplikasi Lotus lainnya. Aplikasi yang termasuk dalam paket Lotus SmartSuite office suite adalah Lotus Word Pro, Lotus 1-2-3, Lotus Freelance Graphics, Lotus Approach, Lotus Organizer, Lotus FastSite, dan Lotus SmartCenter. Aplikasi Lotus SmartSuite dapat dijalankan pada komputer yang berbasis Windows.IBM Lotus software dapat digunakan pada komputer yang berbasis Windows Microsoft dan IBM OS/2 Warp.

 

Sejarah Lotus Word Pro

Lotus Word Pro dibuat oleh Ami Pro, secara substansial di buat ulang (termasuk format dokumen asli baru). Pendahulu Ami Pro yaitu Ami dirilis tahun 1988 dan merupakan program pengolah kata windows pertama.(Windows Word tidak akan debut sampai awal 1989). Tak lama setelah rilis tim Ami mengembangkan tambahan dukungan yaitu tabel dan berganti nama menjadi Ami Pro.

Lotus dibuat untuk melengkapi office suite mereka yang dirilis tahun 1990. Lotus terus mengembangkan Ami pro dengan mengeluarkan versi 3 dirilis pada tahun 1992. Versi 3.1 merupakan versi terakhir yang dirilis(versi menggunakan 16 bit). Versi Windows Ami Pro juga dipaketkan dengan Adobe Type Manager, sebagai dukungan windows untuk font scalable sebelum pengenalan TrueType.

Pada Tahun 1994, Joe Guthridge di anugerahi pioneer Award Windows sebagai umpan balik tim pengembangan Ami kepada Microsoft selama pengembangan awal Windows.

 

Berikut ini Beberapa pengenalan fitur fitur Lotus Word Pro :

§         Via Voice Gold Integration, memungkinkan pengguna mendiktekan langsung teks yang ingin diketik di Word Pro dan juga kemampuan Word Pro untuk membaca dokumen agar pengguana dapat mendengarkannya. Via Voice juga memungkinkan pengguna menjalankan perintah dengan suara.

§         Word Pro dapat membuka dan mengedit file-file yang dihasilkan oleh Microsoft Word dan Corel Word Perfect, demikian juga sebaliknya.

§         Mudah digunakan oleh pengguna Microsoft Word dan Word Perfect karena Word Pro dapat menggantikan menu-menu yang dimilikinya dengan menu-menu yang sesuai dengan layout Word dan Word Perfect.

§         Helpful Menu Finder yang memungkinkan pengguna memasukkan perintah Word dan Word Perfect. Menu finder akan menampilkan perintah-perintah dan instruksi-instruksi yang berhubungan.

§         Menu Page Word Pro dapat diakses dengan mudah dan cepat untuk mengggunakan fitur-fitur, seperti Page Breaks, Page Layouts, Orientation, Margins, Header and Footer. Word Pro juga menampilkan toolbar header and Footer yang memungkinkan pengguna menambahkan header and footter serta mengatur perataannya.

§         Click Here Blocks yang memungkinkan pengguna memasukkan teks yang sama dengan cara yang mudah tanpa harus mengetiknya kembali.

§         Menyediakan fitur keamanan yang dapat memproteksi dokumen asli dari perubahan oleh orang yang tidak mempunyai otoritas.

§         Memungkinkan pengguna untuk menempatkan teks di sekeliling grafik dari kedua sisi frame. Word Pro juga memungkinkan penempatan grafik secara tile atau center di tiap-tiap frame atau tabel dan juga memutar grafik dengan derajat tertentu.

§         Fasilitas berbagai format dokumen untuk publikasi di internet termasuk HTML.

§         Bantuan untuk melakukan publikasi di internet termasuk untuk pilihan mengekspor header, footer, dan pembagian yang ada di dokumen sebagai file-file terpisah.

§         Tombol untuk otorisasi akses.

§         Beberapa fitur lainnya yang sama dengan aplikasi pengolah kata windows lainnya.

§         Mengubah secara otomatis alamat URL menjadi hyperlink.

 

Lotus Word Pro memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  • kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft word.

  • Dilengkapi fitur-fitur baruyang memungkinkan peningkatan produktifitas penggunanya

  • Dapat mendikte secara langsung teks-teks yang ingin diketik

  • Dapat langsung terhubung dengan internet 

  • Lotus Word Pro memiliki kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word, yang berarti File Dokumen yang dibuat di Microsoft Word dapat di edit kembali di Lotus Word Pro, demikian juga sebaliknya Dokumen yang dibuat di Lotus Word Pro dapat dibuka dan di edit kembali di Microsoft Word selain itu Lotus Word Pro juga dapat membuka file Word Perfect dan beberapa aplikasi pengolah kata windows lainnya.

     

Nama Word Processor : Lotus Word Pro

Pembuat : IBM, Lotus Software (Ami Pro)

Versi Terakhir : 9.8.5 (2007)

Pertama Rilis : Tahun 1989 (Originally Samna Ami Pro)

License : Commercial, Proprietary

Karakteristik yang bisa digunakan : grammar checker, graphic editing, mail merging, spell checker

Open Capabilities : HTML, RTF, Word. Doc, WordPerfect

Sistem Operasi : Windows 

Tampilan :

tampilan lotus

 

 

Perbedaan Tampilan antara Lotus SmartSuite 97, Microsoft Word, dan Corel Word Perfect

perbedaan tampilan

Sumber :

1 komentar: