Jumat, 20 November 2015

Manfaat Pohon Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera) merupakan anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Memiliki akar serabut, tebal dan berkayu, membentuk bonggol. Kelapa sendiri merupakan sebutan untuk buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini. Pohon kelapa dapat tumbuh mencapai ketinggian 30 meter hingga 1000 meter dari permukaan laut. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, dan sekarang telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga bisa dianggap sebagai tumbuhan serbaguna.

Gambar dibawah ini menunjukan bagian – bagian dari pohon kelapa beserta fungsinya.

Setelah kita mengetahui bagian dan fungsinya bagi tumbuhan tersebut, sekarang saya akan membahas manfaat yang bisa kita peroleh dari setiap bagiannya.

1.    Daun

Daun kelapa memiliki bentuk daun tunggal dengan pertulangan menyirip. Manfaat dari daun kelapa diantaranya :
·   Daun kelapa yang masih muda (janur) bisa digunakan sebagai dekorasi atau bahan anyaman pada saat upacara adat terutama oleh masyarakat Bali dan Jawa, misalnya pernikahan. Bisa juga digunakan untuk membuat ketupat.
·  Daun kelapa yang sudah tua ataupun yang sudah kering dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan untuk membuat tikar, topi, tas serta sebagai atap rumah setelah dikeringkan.
·   Ada juga batang daun atau tangkai anak daun, yang biasanya dimanfaatkan sebagai sapu lidi setelah satu persatu lidi dihimpun menjadi satu. Batang daun yang dipakai untuk sapu lidi  adalah batang daun yang sudah dikeringkan dan bewarna kecoklatan sehingga bisa digunakan untuk menyapu jalanan, taman maupun kebun. Bisa juga dijadikan sebagai sapu kasur.


2.    Buah

Buah kelapa memiliki diameter mencapai 10 hingga 20 cm atau lebih. Buah ini memiliki variasi warna seperti kuning, hijau dan coklat. Buah kelapa juga memiliki beberapa bagian yang memiliki berbagai manfaat seperti :

a)      Meroskarp yang berupa serat atau biasa disebut dengan sabut, memiliki fungsi
·         Sabut nya bisa dipakai untuk membersihkan alat makan
·   Bisa digunakan sebagai bahan kerajian, misalnya dalam membuat anyaman tali, bisa dijadikan keset.
·        Sebagai media tanam anggrek

b)  Endokarp merupakan bagian yang keras atau bisa disebut batok/tempurung, memiliki sifat kedap air dan digunakan untuk melindungi biji. Yang dapat dimanfaatkan sebagai :
·         Batok kelapa yang sudah kering, dibakar hingga menjadi arang dan bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak.
·         Pengganti gayung, wadah minuman, mangkuk, dan sebagainya
·         Bahan baku kerajinan yang bisa dibuat menjadi mainan, hiasan rumah, dan sebagainya

c)      Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok (daging buah kelapa).
·       Buah kelapa yang masih muda memiliki daging buah bewarna putih dan lunak yang biasa dijadikan sebagai es eklapa. Air yang didalam buah kelapa muda mengandung beraneka enzim dan memiliki khasiat penetral racun dan menyegarkan.
·   Daging buah kelapa yang tua bisa dijadikan sebagai kelapa parut, sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan. Air dari kelapa yang sudah tua tidak enak untuk diminum, sehingga dijadikan bahan untuk membuat nata de coco.
·       Daging buah kelapa yang sudah tua juga dapat diambil dan dikeringkan sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa.


3.    Bunga

Bunga kelapa mulai mekar ketika pohon kelapa berusia 4 sampai 6 tahun. Bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea. Terdapat bunga jantan yang terletak dibagian yang jauh dari pangkal sedangkan bunga betina terletak di pangkal karangan. Tandan bunga yang masih muda yang dalam bahasa jawa disebut mayang atau manggar, diapakai orang untuk hiasan dalam upacara perkawinan dengan simbol tertentu. Bunga betina atau buah mudanya disebut blukluk dalam bahasa jawa. Cairan manis yang keluar dari tangkai bunga yang disebut air nira atau legen (bahasa jawa), dapat diminum sebagai penyegar dan air nira tersebut juga bisa dijadikan bahan baku pembuatan gula kelapa.



4.    Batang

Batang pohon kelapa umumnya memiliki tinggi mencapai 25 m dengan diameter berkisar 300 mm. Batang pohon beruas – ruas namun bila sudah tua tidak terlalu nampak, khas tumbuhan tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik). Adapun manfaat yang bisa kita dapat, yaitu :
·   Batang dengan mutu menengah dapat dijadikan sebagai papan untuk rumah, dinding, serta peralatan rumah tangga.
·      Batang kelapa yang memiliki kepadatan keras dapan dijadikan jendela, kusen pintu, lantai dan sejenisnya.
·        Bisa dijadikan bahan dasar pembuatan kertas.


5.    Akar

Pohon kelapa memiliki akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada lahan berpasir pantai. Ukuran diameter akar kelapa biasanya kurang dari 3 inchi. Akar kelapa bisa dimanfaatkan sebagai :
·        Obat – obatan herbal.
·        Akar pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pewarna, bahan dasar pembuatan sikat gigi dan bahan dasar untuk alat pencuci mulut.
·         Bahan kerajinan tangan, seperti pembuatan gelang, kalung, dan lain – lain.
·         Penyangga bangunan atau biasa disebut cakar ayam
·     Penangkal banjir karena akar pohon kelapa mampu menyerap air dalam jumlah yang sangat banyak

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari pohon kelapa, mulai dari akar hingga daunya. Selain kita ambil manfaatnya kita juga harus bisa menjaga kelestarian pohon kelapa tersebut, bisa dengan menanamnya kembali agar pohon kelapa tidak habis dan kita bisa tetap menikmati manfaat dari pohon itu.




sumber gambar

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhW5qWlARekqcBwUjmeOnzPclP7FMXLqzhY5L2Xvc0ZjYL_C-Rw7pePOYxBsy9Gun7Sga1cPLSeGuDyjxFeqAMxsAKNB2aGp7yiyCMr92vPnPiABOTG3pXRP7xCQxDYrFg0y4Yn5x51BWYh/s1600/pohon_kelapa.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar