Rabu, 30 Oktober 2013

Tips Berkendara

 

Tips Berkendara (Sepeda motor ataupun Mobil)

Semua pasti sering berpergian, butuh persiapan yang matang tidak hanya sekedar kesiapan tubuh pengendara, tapi juga kesiapan kendaraan dan aspek penunjang lainnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebelum berkendara untuk meminimalis risiko kecelakaan dan berkendara dengan aman dan selamat sampai tujuan. Berikut ini beberapa tips yang harus kita perhatikan ketika akan berkendara.

  1. Berdoa sebelum berkendara, agar selamat sampai tujuan tanpa ada suatu halangan apapun.

  2. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi yang baik dan sempurna, tidak ada kerusakan. Memeriksa kondisi ban, lampu, bahan bakar, keadaan oli, kondisi rem, kondisi rantai.

  3. Periksa surat-surat yang diperlukan dan pastikan anda sudah mempunyainya, sperti STNK dan SIM yang perlu dibawa saat berkendara.

  4. Persiapkan fisik. Berkendara harus dalam kondisi yang bugar. Jangan berkendara saat mengantuk, sedang dalam keadaan mauk angin, setelah minum obat yang menyebabkan kantuk, sedang dalam pengaruh alkohol.

  5. Jagalah keselamatan anda sendiri dengan menggunakan helm, jaket, sepatu, dan sarung tangan bagi pengendara motor. Untuk pengendara mobil, gunakan sabuk pengaman yang telah disediakan. jangan menggunakan alat komunikasi saat berkendara.

  6. Siapkan jas ujan dibawah jok motor apabila sewaktu-waktu datang hujan yang tidak diduga, terutama kondisi saat musim hujan sedang terjadi. Bagi pengguna mobil siapkan payung kecil didalam mobil apabila keadaan hujan dan ingin turun dari mobil.

  7. Butuh keahlian dalam berkendara, jangan kencang-kencang dijalan raya cukup stabil saja, jangan ugal-ugalan lihat kondisi jalan dengan baik, hati-hati, dan anda bisa menguasai kendaraan anda.

  8. Patuhi segala peraturan lalu lintas dan mengerti semua perintah rambu-rambu lalu lintas. Saat lampu merah harus berhenti, jangan mendahului lampu merah, menggunakan jalan sebelah kiri, dan lain sebagainya. Dibutuhkan kesabaran yang tinggi dalam berkendara, jangan mudah panic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar