Kamis, 30 Maret 2017

REVIEW JURNAL 5

REVIEW JURNAL 5 (PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN)


JUDUL JURNAL
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
NAMA JURNAL
JURNAL ILMIAH MAHASISWA AKUNTANSI
VOLUME & NOMOR JURNAL
VOLUME 1, NOMOR 1
TAHUN JURNAL
JANUARI 2012
HALAMAN JURNAL
-
PENULIS
MARIA WIJAYA
TUJUAN PENELITIAN
Memperoleh bukti empiris adanya pengaruh faktor ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, leverage, kinerja lingkungan perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan PROPER tahun 2008-2010
METODE PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian dengan hipotesis yang menguji pengaruh ukuran dewan komisaris, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan kinerja lingkungan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial
VARIABEL PENELITIAN
Ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, dan kinerja lingkungan.
HASIL PENELITIAN
Pengaruh ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial
Ukuran dewan komisaris tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial.
Penyebabnya karena dewan komisaris merupakan wakil shareholder yang berfungsi mengawasi pengelolaan
perusahaan yang dilakukan oleh manajemen (Fahrizqi, 2010), maka dewan komisaris akan membuat kebijakanmenggunakan laba perusahaan untuk aktivitas operasional perusahaan yang lebih menguntungkan daripadamelakukan aktivitas sosial.

Pengaruh leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial
Leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial.Penyebabnya adalah karena sudah terjadi hubungan yang baik antara perusahaan dengan debtholders, yangmengakibatkan debtholders tidak terlalu memperhatikan rasio leverege perusahaan. Perusahaan yang memilikitingkat leverage yang tinggi, menganggap perlu memberikan laporan pengungkapan tanggung jawab sosial,sehingga ada “good news” tentang kinerja perusahaan.

Pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial
Ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Positifmengandung arti semakin besar perusahaan akan melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial yang lebih luas.

Pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial
Profitabilitas berpengaruh secara tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Penyebabnyaadalah perusahaan memiliki tingkat laba yang tinggi, perusahaan menganggap tidak perlu melaporkan hal-hal yangdapat mengganggu informasi tentang kesuksesan keuangan perusahaan. Sebaliknya, pada saat tingkat profitabilitasrendah, mereka berharap para pengguna laporan akan membaca “good news” tentang kinerja perusahaan.

Pengaruh kinerja lingkungan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial
Kinerja lingkungan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial.Penyebabnya karena pengungkapan tanggung jawab sosial yang diungkapkan perusahaan yang masuk ke dalamPROPER tidak banyak diungkapkan di laporan tahunan, skor terbanyak hanya 27 item pengungkapan informasitanggung jawab sosial untuk perusahaan-perusahaan manufaktur yang tergabung di PROPER.
KESIMPULAN PENELITIAN
Ukuran dewan komisaris, Leverage, Profitabilitas, dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dengan arah positif.
PENDAPAT
Jurnal ini sudah baik, bahasanya mudah dipahami, mungkin dapat ditambahkan lagi variabel independennya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar