Sabtu, 25 Maret 2017

REVIEW JURNAL 2

 REVIEW JURNAL 2 (PERKEMBANGAN AKUNTANSI INTERNASIONAL)


JUDUL JURNAL
AKUNTANSI INTERNASIONAL : HARMONISASI VERSUS STANDARDISASI
NAMA JURNAL
JURNAL AKUNTANSI & KEUANGAN
VOLUME & NOMOR JURNAL
VOLUME 1, NOMOR 2
TAHUN JURNAL
NOVEMBER 1999
HALAMAN JURNAL
144 – 161
PENULIS
ARJA SADJIARTO
TUJUAN PENELITIAN
Untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan IFRS terhadap laporan keuangan yang listing di BEI
METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan pengujian Chow Test. Chow test adalah alat untuk menguji test for equality of coefficients atau uji kesamaan koefisien.
Populasi penelitian adalah perusahaan yang masuk dalam industri Food and Beverange dalam kurun waktu tahun 2007-2012. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Purposive Sampling.
VARIABEL PENELITIAN
Variabel Terikat = Nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q.
Variabel Bebas = Profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE)
HASIL PENELITIAN
Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa penerapan IFRS tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Hal ini bertolak belakang dengan konsep bahwa dengan penerapan IFRS akan mempengaruhi nilai perusahaan dilihat dari pengaruh profitabilitas yang terjadi. Hasil yang diperoleh ini sangat tergantung dengan data kurun waktu yang digunakan. Pada penelitian ini, data yang dipakai adalah data dalam kurun waktu 2007- 2012, dimana tahun penerapan IFRS baru dimulai pada tahun tersebut
KESIMPULAN PENELITIAN
Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan, maka diperoleh kesimpulan bahwa variabel penerapan IFRS dan protabilitas perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sehingga hasil tersebut tidak sesuai dengan tujuan penelitian.
PENDAPAT
Pendapat kelompok kami, jurnal penelitian ini sudah cukup baik. Namun, untuk penelti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian sejenis sebaiknya menambah periode waktu penelitian diatas tahun 2012 karena pada tahun 2012 IFRS baru mulai dilaksanakan.
 

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar