Sabtu, 25 Maret 2017

REVIEW JURNAL 3

 REVIEW JURNAL 3 (AKUNTANSI KOMPARATIF EROPA)


JUDUL JURNAL
PENGUJIAN KUALITAS INFORMASI DAN ASIMETRI INFORMASI SEBELUM DAN SETELAH ADOPSI IFRS DI UNI EROPA
NAMA JURNAL
JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
VOLUME & NOMOR JURNAL
VOLUME 9, NOMOR 2
TAHUN JURNAL
SEPTEMBER 2016
HALAMAN JURNAL
-
PENULIS
DWIANTO MUKHTAR LATIF
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian  ini adalah untuk memberikan bukti empiris terkait pengaruh adopsi wajib IFRS terhadap kualitas informasi dan asimetri informasi.
METODE PENELITIAN
Metode penelitian ini menggunakan data sekunder sebanyak 426 perusahaan manufaktur yang diperoleh dari database OSIRIS meliputi data laporan keuangan yang dipublikasi dan juga harga saham, penelitina ini membandingkan kualitas informasi dan asimetris informasi periode sebelum (2002-2004) dan periode setelah (3006-2008) pengadopsian IFRS.
VARIABEL PENELITIAN
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah adopsi IFRS sedangkan variable independennya ialah kualitas informasi dan asimetri informasi.
HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian memberikan bukti bahwa terjadi peningkatan kualitas informasi setelah pengadopsian wajib IFRS di Uni Eropa. Namun demikan, peningkatan kualitas informasi ini tidak diikuti dengan menurunnya asimetri informasi seperti pendapat Ball(2006), dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan asimetri informasi setelah adopsi wajib IFRS di Uni Eropa. Sebagaimana  pendapat Hung dan Subramanyan (2007), bahwa standar akuntansi bukanlah factor utama yang dapat mempengaruhi kualitas informasi akntansi.
KESIMPULAN PENELITIAN
Berdasarkan hasil analisa data, terlihat bahwa perencanaan pajak ternyata tidak berpengaruh positif terhadap manajamen laba pada perusahaan nonmanufaktur yang terdaftar di BEI. Akan tetapi, hasil pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa 77 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini melakukan manajemen laba dengan cara menghindari penurunan laba.
PENDAPAT
Menurut kami, jurnal ini cukup menarik , alangkah lebih baik jika penelitian ini menggunakan beberapa proksi lainya dalam mendeteksi kulaitas informasinya, sehingga dalam menggambarkan dampak adopsi wajib IFRS  dapat memperoleh kesimpulan yang kuat.


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar