Sabtu, 22 April 2017

REVIEW JURNAL 11

REVIEW JURNAL 11 (MANAJEMEN RESIKO KEUANGAN)

JUDUL JURNAL
PENGARUH MANAJEMEN LABA, KINERJA PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAN TERHADAP KEPUTUSAN REKLASIFIKASI ASET KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA
NAMA JURNAL
JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN
VOLUME & NOMOR JURNAL
VOLUME 12, NOMOR 1
TAHUN JURNAL
DESEMBER 2015
HALAMAN JURNAL
-
PENULIS
SPARTA & SUCI HANDINI
TUJUAN PENELITIAN
a.   Untuk mendapatkan bukti empirik mengenai probabilitas reklasifikasi jika perusahaan sampel menggunakannya dalam kebijakan manajemen laba.
b.   Untuk mendapatkan bukti empirik bagaimana profitabilitas perusahaan sampel sebelum penerapan ketentuan PSAK No.55 (Revisi 2006) berpengaruh signifikan terhadap probabilitas reklasifikasi.
c.     Untuk mendapatkan bukti empirik mengenai profitabilitas perusahaan sampel setelah penerapan ketentuan PSAK No.55 (Revisi 2006) berpengaruh signifikan terhadap probabilitas reklasifikasi.
d.   Untuk mendapatkan bukti empirik bagaimanakah karakteristik perataan laba perusahaan sampel sebelum dan sesudah penerapan ketentuan PSAK No.55 (Revisi 2006).
METODE PENELITIAN
Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga sampel penelitian menjadi 25 bank. Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah statistik deskriptif, uji goodness of fit, uji hipotesis (uji simultan dan uji parsial wald), dan uji-t.
VARIABEL PENELITIAN
Variabel dependen terdiri dari probabilitas reklasifikasi.
Variabel independen terdiri dari kinerja perusahaan, indeks income smoothing dan manajemen laba akrual.
Variabel kontrol terdiri dari ukuran perusahaan
HASIL PENELITIAN
Hasil statistik deskriptif untuk variabel EM, ROA_PRE, ROA_AFTER, dan SIZE. Variabel manajemen laba akrual (EM) diperoleh dari koefisien korelasi antara perubahan operating accruals dan perubahan dalam net cash flows – operating activities. Nilai koefisien korelasi yang besar dan negatif pada variabel ini mengindikasikan perataan laba yang besar (Quagli dan Ricciardi, 2010). Perusahaan dengan nilai EM minimum, yaitu -0.99 adalah Bank Bumi Arta, Tbk (BNBA), sementara perusahaan dengan nilai EM maximum, yaitu 0.82 adalah Bank OCBC NISP, Tbk (NISP). Maka dapat disimpulkan bahwa BNBA adalah bank dengan perataan laba yang terbesar dan NISP adalah bank dengan perataan laba terkecil.
Untuk variabel kinerja keuangan sebelum dan sesudah penerapan PSAK No.55 (Revisi 2006) tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, terlihat dari nilai rata-rata (mean) yang tidak terlalu menunjukkan perbedaan yang besar. Perusahaan dengan ROA minimum baik sebelum dan setelah penerapan PSAK No.55 (Revisi 2006) adalah Bank Pundi Indonesia, Tbk (BEKS). Sementara perusahaan dengan ROA maximum adalah Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BBRI).
Variabel SIZE merupakan variabel kontrol yang diperoleh dari rata-rata nilai logaritma natural total aset. Secara rata-rata (mean), pertumbuhan total aset perusahaan sampel adalah 17.0184% dengan standar deviasi sebesar 1.73485. Perusahaan dengan nilai minimum sebesar 14.56% adalah Bank Pundi Indonesia, Tbk (BEKS), sementara bank dengan nilai maximum sebesar 19.89% adalah Bank Mandiri, Tbk (BMRI).
KESIMPULAN PENELITIAN
Secara simultan terdapat pengaruh variabel IS, EM, ROA_PRE, ROA_AFTER, dan SIZE terhadap probabilitas reklasifikasi (RECLASS). Secara parsial, manajemen laba akrual (EM) dan ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh secara signifikan terhadap probabilitas reklasifikasi, sedangkan income smoothing (IS) dan kinerja perusahaan (ROA_PRE dan ROA_AFTER) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap probabilitas reklasifikasi. Peneilitian ini juga tidak menemukan bukti adanya perbedaan karakteristik perataan laba sebelum dan sesudah penerapan PSAK No.55 (Revisi 2006).
PENDAPAT
Menurut kelompok kami jurnal ini sudah bagus penjelasannya. Untuk penelitian selanjutnya bisa menggunakan model pengukuran manajemen laba yang lain, serta untuk sampel nya tidak hanya dari sektor perbankan tetapi juga bisa menggunkan sektor yang lainnya.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar