Selasa, 10 Desember 2013

Membuat Envelopes mail merge pada OpenOffice

1. Buka aplikasi OpenOffice, lalu pilih Text document








2. Pilih menu insert —> Envelope









3. Maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini, pada menu Envelope terdapat pilihan database dan table dan isi menjadi 'data'.





4. pada database field, masukan data yang diinginkan dengan cara pilih field, lalu klik tanda panah. Memasukan field 'name' , dan hasilnya seperti dibawah ini




5. Ulangi sampai data yang diinginkan terisi semua, jika telah selesai klik New Doc.




6. Maka lembar kerja berubah menjadi tampilan envelope, sesuaikan tata letak sesuai keinginan.




7. Jika sudah pilih menu tools —> mail merge wizard.





8. Muncul kotak dialog mail merge wizard, pilih use the current document —> next




9. Steps 2, pilih Letter —> Next





10. Steps 3, pilih select different address list





11. Pilih 'data' sebagai database penerima envelope —> OK




12. Kembali ke steps 3, klik Next untuk melanjutkan ke step berikutnya.




13. Steps 4, Klik Next




14. Steps 6, Klik Next




15. Steps 7, klik Next




16. Steps 8, pilih save starting document —> save starting document

  Save ditempat yang diinginkan



17. Kembali pada steps 8 pilih Finish 


18. Envelopes telah selesai dibuat dan hasilnya seperti dibawah :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar