adalah salah satu
kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan perusahaanya,
untuk berkembang, berinovasi dan mendapatkan laba. Proses pemasaran dilakukan
sebelum suatu barang diproduksi dan tidak berakhir pada penjualan. Kegiatan pemasaran
juga dilihat pada kepuasan konsumen ataupun konsumen mempunyai pandangan yang
baik terhadap perusahaan.
Secara definisi, Manajemen
Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan
program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju
dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980). Pemasaran
merupakan factor penting untuk mencapai sukses usahanya, dan terdapat konsep
didalam pemasaran.
Konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan dan keinginan terhadap
kebutuhan konsumen.
Secara definitif
dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang
menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Tiga unsure konsep
pemasaran :
1. Orientasi pada
konsumen
Dalam pemasaran dibuatnya suatu konsep
berdasarkan kepada konsumen. Disesuaikan kebutuhan, keinginan dan kepuasan
konsumen.
2. Penyusunan
kegiatan pemasaran secara integral
3. Kepuasan
konsumen
Jika konsumen puas dengan pemasarannya
maka produk tersebut bisa sukses karena bisa diterima oleh konsumen dengan
baik.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar