Buka
OpenOffice Writer, lalu muncul kotak dialog seperti dibawah ini dan pilih
Text Document
Buat surat yang di
inginkan, contohnya sperti ini :
Lalu
pilih menu Tools —> Mail Merge Wizard
Muncul
kotak dialog, Karena tadi kita sudah membuat suratnya maka pilih Use the
current document —> Next Pilih type
document Letter —> Next
Pilih
Select Address list, dan muncul kotak dialog. Karena kita belum punya
datanya maka pilih Create
Pilih customize
untuk menyesuaikan informasi apa yang akan dimasukan
Pada customize
address list pilih Delete, dan hapus semua Address list element yang ada
Setelah
semua terhapus pilih Add dan masukan element yang dibutuhkan,
Ulangi
cara diatas hingga elements yang dibutuhkan selesai dibuat Lalu OK
Isi
Kolom yang ada dengan data yang di inginkan, jika mau menambahkan data
lagi klik New
Ulangi
cara di atas sampai jumlah Address List yang ingin kita buat
Setelah
selesai klik Ok —> Save Address list di tempat yang diinginkan
Pada
langkah selanjutnya pilih options no 2, pilih More untuk memilih address
block yang di inginkan. Karena tidak ada yang sesuai maka pili New
Buat
Address block yang akan di sesuaikan dengan kebutuhan, jika sudah klik OK
Setelah
itu pilih Address block yang baru dibuat klik OK
Langkah
selanjutnya pilih Match fields, sesuaikan dengan address elements yang sebelumnya dibuat —> klik Ok —> pilih Next untuk langkah selanjutnya
Pada
Create a salutation hanya ceklist yang paling atas, pada General
salutation isi dengan yang di butuhkan —> Next
Next
Next
Pilih
edit individual letters jika ingin mengeditnya, Next untuk langkah
selanjutnya
jika mengklik edit individual letters maka akan terlihat tampilan seperti ini
Di pilihan
pertama pilih Save merged document —> Save as single document —>
Save
Tidak ada komentar:
Posting Komentar